Sabtu, 18 Februari 2017

Tadzkiroh yang hobi Copas dari Group sebelah

Sebuah *_Tadzkirah/nasihat untuk yg cepat (hobi) "copas"_*

Biasanya *"saya"* atau *"kita"* (rata2) tidak semua tentunya *"hanya"* _*copas*_ dari *"grup sebelah"* atau *"teman."*

Ketika *"saya"* atau *"kita"* diminta konfirmasi oleh orang-orang yg *kritis* tentang *_tulisan/artikel/berita_* yg *saya* atau *kita copas* darimana *sumbernya*?

Rata-rata *"saya"* atau *"kita"*atau *"mereka"*atau *"dia"* tdk bisa *"menjelaskan"*. Karena *"pengetahuan"*nya ttg _tulisan/artikel/berita/informasi_hanya *"copas-an"*saja....😀😳😀

Makanya *"saya"* atau *"kita"* atau *"siapapun"* juga mulai *sekarang* harus ekstra *"hati-hati"* di dlm meng *"copas"* _tulisan/ artikel/berita/informasi_ di medsos.

Berusahalah meng *"copas"* yg ada *_"link"_* nya. Itupun setelah *_"link"_* tsb dibuka, dilihat, dibaca smp tuntas. Jk "youtube" yah berusaha di lihat hingga selesai.

Sebab ada *_"link"_* yg tdk *_"mach"_* dengan _tulisan/artikel/berita/informasi_nya. Atau minimal berusaha *"tanya"* atau minta pendapat *"para ahli"* di bidangnya.

Contoh jk itu _tulisan/artikel/berita/informasi_ yg ada *_"link"_*nya kpd org yg dinggap *"ahli"* atau *"kompeten"* atau *"para pakar"*di bidangnya. Baik itu _tulisan/artikel/berita/informasi_ ttg kesehatan, ekonomi, budaya, sejarah, politik dsb....Afwan ya...(agak panjang).

Mengapa *"saya"* atau *"kita"* harus tanya kpd ahlunya ? Sebab jika itu berita *"HOAX"* mk *"saya"* atau *" kita"*secara langsung atau tidak langsung ikut  menyebarkan *"HOAX"* atau *"berita bohong"* tersebut.

Bgm jk _tulisan/artikel/berita/informasi_itu di *"copas"* lagi oleh teman-teman di grup medsos dg minta izin *_"share"_*atau *_"tidak minta izin"_*? Apkh bisa *"dihentikan?"* Tentu sangatlah *"sulitnya"*. Dan itu akibatnya bisa *"fatal"*bg yg benar-benar *"yakin"*atas _tulisan/artikel/berita/informasi_yang *"dicopas"* tersebut.

Takutlah wahai org-org yg beriman dg firman Allah SWT, " *_Tidak ada suatu kata (tulisan adalah gabungan beberapa kata) yang diucapkannya (huruf adalah perlambangan dari ucapan/gabungan huruf) kecuali ada disisinya malaikat yg selalu siap (mencatat)_* ." (QS QAAF 50:18)....

*_Astaghfirullah 'azhim 100 kali_* Ini nasihat utk *"saya pribadi"* & utk *"kita"* semua...

*_Mohon maaf_* jika teman-teman ada yg _terluka hatinya atau tersinggung_ atas *"copas-an"* dari saya berupa _tulisan/artikel/berita/informasi_yang bersifat *"HOAX"* Alias *"Bohong"*

Alfakir, *_Dedy Martoni_* (Kelapa Dua, Depok, 19 Februari 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar