Sabtu, 18 Februari 2017

Hoax simulasi hacking manipulasi suara pilgub dki

#Video #Simulasi #Hacking #Manipulasi  ( #INSPECT #ELEMENT ) #Anonymous #Indonesia

Beredar video dari fanspage yang mengatasnamakan dirinya sebagai Anonymous Indonesia dengan caption sebagai berikut ;

==========

"Simulasi Hacking Manipulasi Suara Pilgub DKI 2017"

Sekarang kami upload ulang video sebelumnya yang telah dihapus oleh pihak Facebook. Kami coba ubah jumlah persentase dan jumlah suara cagub, namun kami kembalikan seperti semula karena Anonymous tidak memiliki urusan dengan kepentingan politik. Video simulasi hacking manipulasi suara pilgub 2017 ini sebagai informasi kepada publik bahwa begitu mudahnya Scrypt website KPU untuk di retas. Mengapa mereka mensetting seperti itu? Apakah ada kesengajaan agar mudah di manipulasi oleh pihak tertentu? Hanya pihak-pihak yang berkepentingan yang tau.

We are Anonymous
We are legion
We do not forgive
We do not forget
Expect us!"

Sumber : https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=379334835771841&id=371684786536846

==========

Penjelasan dan #Fakta terkait video tersebut :

Di video tersebut, pelaku yang menamakan dirinya sebagai Anonymous Indonesia ini menampilkan tampilan dari website informasi penghitungan suara milik KPU lalu mengubah data persentase dan jumlah suara cagub. Dari tampilan yang ada di video, terlihat pelaku memakai trik inspect element untuk mengubah data data di web tersebut.

Apa itu inspect element?

Seperti yang dijelaskan di Forum Produk Google: “The "Inspect element" tool is for web developers, to allow them to inspect their website (inspecting websites with this tool is a great learning tool, too, imo), and make changes on the fly.”, fungsi dari fitur "inspect element" adalah untuk inspeksi para pengembang web dan merubah yang perlu.

Yang PENTING untuk diingat: “Once you refresh the page, the changes are gone -- and that's totally normal (and the expected) behavior.”, ketika page yang sedang diinspeksi tersebut diperbarui di sisi peramban (browser-nya di-refresh) PERUBAHANNYA HILANG. Artinya: fitur "inspect element" TIDAK MERUBAH APAPUN DI SISI SERVER: “In short, you can't save changes made with the element inspector (the web just doesn't work that way!).”.

Fitur ini bisa dipakai untuk "menyunting" situs apapun, termasuk untuk keperluan lucu-lucuan. Sayangnya belakangan dipakai juga untuk menyebarkan hoax, dan celakanya banyak yang awam soal ini langsung membagikan tanpa mencari tahu dulu. KEBIASAAN BURUK!
Jadi di kalimat “Kami coba ubah jumlah persentase dan jumlah suara cagub, namun kami kembalikan seperti semula” di video yang katanya "Simulasi Hacking Manipulasi Suara Pilgub DKI 2017", TIDAK PERLU DIKEMBALIKAN, tinggal pencet F5 di keyboard (refresh) SUDAH KEMBALI SENDIRI.

REFERENSI:
(1) https://productforums.google.com/forum/m/#!topic/chrome/UbmrXYETvU0
(2) https://www.groovypost.com/howto/howto/friday-fun-chrome-create-fake-screen-captures/
(3) https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1899977310233727&id=1869466679951457

#TurnBackHoax

Tidak ada komentar:

Posting Komentar